Tuesday, November 30, 2010

Tepian

Rating:★★★★★
Category:Restaurants
Cuisine: Other
Location:Tanjung Redeb - Berau - Kaltim
Sebenarnya tidak masuk dalam kategori restaurant secara tempatnya di empire alias emper ^_^ tapi berhubung tidak ada category dengan pilihan itu jadi saya masukkan dalam category Restaurant.

Mungkin jika teman-teman yang berada di kota besar hal seperti ini biasa tapi di Tanjung Redeb, tempat seperti ini sangat populer sebagai tempat nongkrong masyarakatnya dan biasa disebut Tepian. Mungkin karena letaknya di tepi sungai jadi orang-orang menyebutnya seperti itu. Nongkrong disini bukan berarti harus anak muda loh bahkan keluarga yang mempunyai anak kecil pun tidak ketinggalan untuk nongkrong disini walalupun hanya sekedar minum dan ngobrol. Tidak jarang tukang odong-odong pun ikut mangkal, selagi orangtuanya menyantap makanan anak-anaknya bermain odong-odong.

Dari segi tempat memang tidak ada yang terlalu istimewa tapi entah mengapa tempat ini selalu ramai dikunjungi orang pada malam hari apalagi malam Sabtu dan malam Minggu. Tepian baru akan buka pukul 17.00 WITA sampai 24.00 WITA bahkan tidak jarang sampai menjelang dini hari.
Makanan yang disajikan beragam dan berasal dari seluruh Indonesia, ada batagor, siomay, pempek, otak-otak, roti maros, crepes, sate padang, seafood, pisang gapit, coto makasar, aneka nasi goreng, aneka mie goreng, bakso, seafood dll. Masing-masing gerobak hadir dengan ciri khas dan dagangan yang berbeda tapi hampir seluruh gerobak ada menu roti maros sejenis roti bakar tapi bentuknya seperti hotdog (lonjong) berwarna hijau dan wangi pandan.

Pada saat malam tahun baru adalah puncak dari keramaian Tepian seolah-olah seluruh masyarakat tumpah disana bahkan kendaraan pun tidak bisa lewat sama sekali. Saat waktu menunjukkan tepat pukul 00:01 WITA suasana berubah menjadi meriah dimana-mana fireworks dinyalakan, belum lagi kapal-kapal yang sedang berlabuh membunyikan emergency flare yang saling bersautan.


Tepian bagi masyarakat kota besar sebuah hal yang biasa tidak ada istimewanya sama sekali tetapi tepian bisa merupakan salah satu tempat hiburan dan wisata kuliner masyarakatnya. Tepian mempunyai tempat yang khusus di hati masayarakat dan orang-orang yang pernah berkunjung ke Tanjung Redeb- Berau-Kaltim.

note : dalam rangka Lomba Menulis Review nya bunda 3f

http://bunda2f.multiply.com/journal/item/343?mark_read=bunda2f:journal:343&replies_read=88

8 comments:

  1. waaa, pasti seru ya nongkrong malam2 disini

    ReplyDelete
  2. btw, link lombanya manaaa?
    itu salah satu syaratnya lhooo

    ReplyDelete
  3. Hi Mbak Julia....
    kakak saya juga kerja di Berau..
    saya pernah ke sana juga.
    seru ya? jauh bgt sama Jakarta yang kian hari kian macet cet cet.....
    Di sana udah ke mana aja? Derawan?

    ReplyDelete
  4. oiya lupaaaaaaaaa.... *terlalu semangat* hehe..
    seru bunnn... ya maklum kota kecil, ini hiburannya ^_^

    ReplyDelete
  5. kerja di TBP...3 jam lagi dari berau
    aku juga pernah ke Derawan...keyennnnnn!
    hahahahah!
    disana kerja atau ikut suami Mbak?
    iya, dia jg kalau ke Jakarta suka ngomel...tapi teuteup belanja belanji, katanya di sana mahal2 and barang2nya gak sesuai dgn hati nurani!ahhahaha

    ReplyDelete
  6. TBP ??? huaaa masi 3 jam yaa, kalau saya di tanjung redebnya... Disini ikut suami.. huhuhu disini mahal2 barang2nya yang murah cuma ikan aja ^_^hehe kalau ke jakarta pasti kalapppppp ^_^

    ReplyDelete
  7. jul, tag-nya tambahin review resto yaaa

    ReplyDelete