Wednesday, November 17, 2010

Hukum Menambah Nama Suami di Belakang Nama Istri

http://www.voa-islam.com/islamia/konsultasi-agama/2010/08/19/9326/hukum-menambah-nama-suami-di-belakang-istri/
Sempat kaget saat baca artikel ini.. jujur saya baru tahu....

Selama ini saya tetap memakai nama asli saya dlam seluruh kegiatan yang 'real' maksud real disini dalam dunia nyata bukan dalam dunia maya walalupun saya gunakan nama lengkap (asli) saya di FB atau friendster *zaman baheula* tapi untuk hal-hal lainnya saya menggunakan nama belakang suami di belakang nama saya setelah menikah. Maksud saya hanya tidak bukan agar identitas saya tidak sangat terbuka untuk umum maklum kejahatan di dunia maya sudah sangat beragam dan kompleks mengingat nama saya yang memang tidak pasaran /familiar jika teman2 coba search di google langsung ketemu saya deh ^_^ *PD bener* ... jadi saya menggunakan nama belakang suami bukan untuk hal-hal yang serius....
di KTP masih nama lengkap saya.. di Passpor juga begitu, kartu keluarga dan lain-lain.........

Nah kalau seperti itu hukumnya gimana ya ????

10 comments:

  1. aku pernah tanya mengenail hal ini sama yg lebih ngerti

    ReplyDelete
  2. aku ga pernah pake nama suami buat nama belakang aku, jul.. jadi dimana mana tetep pake nama asli aku, kecuali kalo di lingkungan ibu2 tetangga, paling2 jadi "ibu denny" tapi bukan nama aku dan nama suami digabung.. dari dulu selalu begitu, dan kapan hari aku juga baca artikel yang senada dengan link mu, jadi yaah tidak ada yang berubah deh.. wekekekeke..

    ReplyDelete
  3. nah aku pk nama suami ya cuma di MP ini ^_^ hihihi apa ganti aja jadi mama haura gitu yaa ?? trus nanti kalo adenya lahir jadi mamahaura&....... atau JUlia aja deh.. titik ^_^

    Kalau cuma buat 'iseng2' gini gmana ya hukumnya ???

    ReplyDelete
  4. atau jadi mama H2 atu 2H ^_^
    *papana sangat menentang kalo nanti namanya dari H lagi euy pdhl pengen*

    ReplyDelete
  5. Hii mom, lam kenal..hehe.. aku juga baru bbrp waktu lalu tulis ttg hal sama. Aku juga kaget coz baru tau. Katanya sih emank ga boleh, baik utk urusan remeh ato serius. Jadi harus tetep pake nama sendiri.
    Bahkan dipanggi; dg nama suami, misal.. ibu fulan.. ato nyonya fulan katany juga sama ga boleh.
    Susahnya di lingkungan kita hal ky gitu kan dah umum, seringnya malah klo dg tetangga ga tau nama si ibunya, malah taunya nama bapaknya. :-p

    ReplyDelete
  6. lam kenal juga ^_^
    oh gitu yaaa... wah susah juga ya.. kalo lagi ada pertemuan di kantor suami (arisan/pengajian) kan yang dipanggil nama suaminya....

    ReplyDelete
  7. aku pernah dengar, kalo fulanah istri tuan fulan, itu boleh.. yang ga boleh, fulanah fulan alias fulanah binti fulan.. jadi mana nih yang benar, secara aku juga ga ahli beginian.. lagi cari link na yang dulu nih, aku baca kalo kita tambahkan nama suami di belakang nama kita, ga boleh.. tapi kalau disebut "nyonya -nama suami-" itu boleh.. haduuh ada yang bisa bantu?

    ReplyDelete