Monday, October 25, 2010

[Coretan] Jilbab pertama



Sebenarnya saya malu sekali dengan teman-teman sekalian tapi mungkin kesalahan saya selama ini bisa dijadikan pembelajaran buat kita semua...
Saya malu butuh 28 tahun hanya untuk melaksanakan kewajiban saya sebagai wanita muslimah yaitu 'menutup aurat' *sigh*.

Saya berasal dari keluarga yang biasa-biasa saja, hingga saya ingat saat saya sedang kelas 5 SD terjadi hal yang membuat saya terheran-heran. Bapak jadi sangat religius, maksud saya sebelumnya kami melaksanakan shalat & mengaji seperti biasa tapi tidak mendalami ilmu agama islam lainnya lebih jauh. Duh gmana ya menjelaskannya yaaa, maksud lebih religius ini susah diungkapkan dengan kata-kata. Saat itu Bapak meminta Ibu menggunakan jilbab dan ibu pun mengenakannya, menurut saya ibu terlihat lebih cantik mengenakan jilbab walalupun sebenarnya ibu juga tetap cantik ko menggunakan pakaiannya sehari-hari yang memang tertutup.

Saat saya menginjak SMP pun Bapak selalu menyindir saya jika mengenakan pakaian yang ketat atau memperlihatkan lekuk tubuh. Saya pun sempat disuruh Bapak menggunakan jilbab "ah gak mau panas" tapi Bapak saat itu tidak memaksa tapi tetap selalu protes jika saya menggunakan pakaian yang ketat/pendek.

Dalam berpakaian saya tidak aneh-aneh ko mengingat tubuh saya yang agak gemuk *gak mau dibilang gemuk* hehehe celana jeans+kaos sudah cukup. Saat duduk di bangku SMA pun lingkungannya anak baik-baik dan banyak yang menggunakan jilbab, saya ingat betul saat pergantian tahun 2000 saat yang lain merayakan dengan hura-hura saya dan teman-teman sekelas itikaf di masjid dengan mengaji dan shalat tahajud. Setiap liburan panjang sekolah pun bapak selalu mengikutkan saya pesantren kilat dan saya senang mengikutinya. Setiap selesai sanlat keinginan saya berjilbab pun kuat tapi krn saya merasa tidak PD saat mengenakan jilbab *muka terlihat menjadi bulat* jadi niat itu pupus lagi, begitulah setiap saat.

Padahal saya tahu hukum memakai jilbab itu wajib dan tertera di dalam AlQUran dan disunnahkan oleh Rasulullah SAW tapi tetap tidak melaksanakannya dengan alasan-alasan pembenaran yang diada-ada oleh saya sendiri.

Ini lah beberapa alasan pembenaran saya selama ini

1. Belum siap, saya takut nantinya 'buka-tutup'

Dicoba saja belum tapi sudah takut duluan tapi ini alasan pembenaran saya setiap ditanya kenapa tidak berjilbab. Siap ya saya belum siap tapi setelah dipikir-pikir belum siap apanya yaaaa, saya juga bingung sendiri. Seandainya nyawa saya dicabut tiba-tiba apakah saya siap ???? Dengan pemikiran yg mengada-ada seperti ini sama saja dengan 'ah buat apa shalat kalau nantinya bolong-bolong shalatnya, atau buat apa puasa kalau nantinya ada yang batal" Sayangnya sekali lagi butuh 28 tahun bagi saya untuk dapat mengetahui kesalahan pemikiran saya.

2. Takut susah dapat jodoh, berjilbab setelah menikah

Ya saya tidak PD saat mengenakan jilbab karena muka saya jadi terlihat bulat sekali dan gemuk sehingga takut tidak ada lelaki yang suka dengan saya. Ya Allah saya menangis jika saya ingat itu alasan saya tidak melaksanakan kewajibanMu... Saya sangat tidak bersyukur dengan keadaan fisik saya saat itu, saya lebih mengutamakan penampilan duniawi daripada melakukan perintahMu. Apakah saya dapat menjamin kehidupan saya di masa yang akan datang, apakah saya sempat menikah, apakah saya sempat mempunyai anak. Sebegitu sombong dan yakinnya saya masih hidup nanti.

3. Buat apa berjilbab kalau hati belum siap, belum bersih, masih suka ngerumpi berbuat maksiat dan dosa-dosa lainnya, percuma dong pakai jilbab yang penting kan hatinya.

Saya selalu melihat hal negatif demi membenarkan pemikiran saya yang salah. Ya saya lihat dengan mata kepala saya sendiri beberapa teman yang memang mengenakan jilbab tapi melepas jilbabnya saat berpacaran atau bahkan sampai menginap bersama di kost atau perempuan berjilbab yang hamil di luar nikah, atau berjilbab tapi asyik ngerumpi.. ahh kenapa saya melihat keburukan-keburukan saja mengapa tidak saya bandingkan juga seorang teman yang berjilbab, berperilaku dan berkata santun, rajin mengaji, aktif dalam kegiatan DKM.
Jadinya seolah-olah jika tidak berjilbab dan melakukan maksiat itu wajar saja. Apabila hanya hati yang diutamakan, pasti akan hilanglah sebagian syariat yang mulia . Tentu kaum muslimin tidak perlu bersusah payah menunaikan shalat lima waktu, berpuasa dibulan Ramadhan, membayar zakat dan sedekah atau bersusah payah menghabiskan harta dan tenaga untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekah atau amal ibadah lainnya.

4. Belum dapat hidayah

Ini alasan yang lebih jitu lagi saat itu tapi akhirnya saya sadar jika benar-benar serius dalam mencari atau pun menunggu petunjuk dari Allah SWT, saya pastilah akan melakukan jalan-jalan menuju pencariannya itu tidak hanya duduk termangu menunggu hidayahNya. Saya mulai membaca buku-buku, artikel dan bertanya pada ustad/ustadzah atau pada teman yang mengerti hukum-hukum Islam tentang jilbab. Setelah menikah saya pun sempat mengenakan jilbab'buka-tutup', kalau lagi pengen pakai ya dipakai kalau engga ya sudah'. Sampai suatu saat saya bertemu dengan seorang teman muallaf dan betapa kagetnya saya saat ia mengankan pakaian muslimah dengan jilbabnya. Saat saya tanya kenapa berjilbab ? jawabnya "Bukannya memang wajib ya di Islam, saat saya mengucapkan 2 kalimat syahadat langsung saya mengenakan jilbab karena saya ingin menjadi muslimah yang seutuhnya"
JLEBBBB rasanya seperti ada kayu runcing yang menembus dada saat itu. Saya yang seorang pemeluk agama Islam sedari lahir, saya yang tahu hukumnya berjilbab tapi dengan alasan yang diada-ada tidak melakukannya.... tak terasa menetes air mata saya saat itu. Ya Allah betapa malu dan hinanya saya ini.

Tepatnya kapan saya memakai jilbab saya sudah tidak ingat lagi tapi baru dalam hitungan bulan kok, semoga Allah SWT mau mengampuni dosa-dosa saya. Saya pun masih belajar mengenakan jilbab yang sesuai syar'i, pelan-pelan saya mengenakan jilbab yang memang menutup dada dan mengenakan baju muslimah yang sopan. Alhamdulillah berkahnya sangat saya rasakan, ketakutan-ketakutan wanita pada umumnya pun tidak saya rasakan.

- Tidak terasa panas padahal mengingat suhu di kota berau ini panas dan terik.
- Tidak ribet, satu minggu pertma sih papana Haura selalu complain krn 'lama dandan'nya maklum masi belajar kadang kerudung yang saya gunakan miring ke kiri ke kanan..:)hehe tapi sekarang jilbab-jilbab langsung dan menutup dada bagus dan cantik-cantik ko.. tinggal blessss .. beres deh
- Tidak perlu menyisir.. ini saya aja yang males... kalau mau antar Haura sekolah  pagi- pagi tinggal pakai jilbab langsung cacaw deh ^_^
ah masih banyak kemudahan dan berkah yang saya dapat setelah mengenakan busana muslimah dan jilbab........
(Papap, Haura, Mamam & Hauko ?)
*sedikit narsis majang foto*


NB : Maaf jika ada pemahaman saya yang salah mohon dikoreksi, saat ini saya sedang belajar untuk menjadi seorang anak, istri, ibu dan manusia yang lebih baik....... Mohon bimbingannya ^_^




 
    

22 comments:

  1. subhanallah... better late than never jeng...
    smg istiqomah yaa...
    ko baru posting sekarang ya?, baru aja uni dian umumin finalis yang amsuk dalam lomba nulis jilbab pertama....

    ReplyDelete
  2. amiiiiiiiiiinnnnn
    iya baru sempet n kepikiran bun....
    oh emang ada lomba nulis ya ??? *baru tahu* bagi link nya dong...

    ReplyDelete
  3. mana...manaa...yang bilang jule tambah bulet *celingakcelinguk...makankerupuk*

    wong tambah ayu kok.........selamat ya ukhti....baru tau eke :D

    ReplyDelete
  4. jadi nama na mau HAUKO beneran?? wekekeke.. selamat ya jul, baru tauu.. ^__^

    ReplyDelete
  5. Subhanallah.. perjuangan panjang, yang insya Allah akan lebih mengena dihati.
    Indah jalan menuju kebaikan, smg di permudah segalanya

    ReplyDelete
  6. eit, neng jule makin cakep aja pake jilbab *jawil pipi*

    ReplyDelete
  7. Toss ah..aku juga baru sebulan lalu pake jilbab. Semoga kita sama2 istiqmah yaa bu...

    ReplyDelete
  8. ehm ini buletnya krn lagi isi *alibi yang jitu* hihihi

    ReplyDelete
  9. engga buuuu.. itu mah panggilan sayang haura aja ^_^

    ReplyDelete
  10. neng lani juga cakep ko *bales jawil pipi*

    ReplyDelete
  11. sipp.. *give me five* .... yup, semoga sama2 istiqamah.. amiiinnn

    ReplyDelete
  12. share aaaaaaahhh.. sama bgt ini yg ada di otak gw 11th lalu... buseeeet... udah tua y kita??

    ReplyDelete
  13. huhuhu jadi malu... retha sadar 11 tahun lalu tapi akyu baru sekarang ^_^

    ReplyDelete
  14. Kebayang ga sih jul... dl tuh gw lg liar2nya... ahahha... pake baju sembarangan bgt. jaman2 blm musim baju yg udel kmana2 gw udh pake. jaman orang g pede pake kemben gw udh pake (Jangan bayangin badan yg skrg y... yg waktu pas masuk kuliah masi segede monic). Daaannn, gw pake jilbab sebelom gw bisa baca Qur'an. swear!! Looking back, gw senang waktu itu nekad pake, yg bikin temen2 gw pd shock, cowo2 d sekitar gw jaga jarak, dan guru agama yg theran2 krn ada murid bjilbab yg pas tes Qur'an dia gagal di iqro 3.. Ahahha... bangga bgt kl inget itu smua. Dr yg g niatnya cm sepele (ini bwt gw aja.. malu!), malah tetep bs dijaga ampe skrg. Gw bhasil mengalahkan ketakutan tlihat jelek, susah dapet kerja, dan takut gda yg mau. Hihihi... salah smua!!malah sibuk nolak2in. . :P

    Gapapa kan curhaaaaat...

    ReplyDelete
  15. retha...*toss!!* tulis lengkap ceritanya dong kayak jule... :)

    ReplyDelete
  16. retha pake kemben ????? *bener2 sulit ngebayanginnya* hihihi

    nah itu dia kadang pikiran orang termasuk gw dulu kalau yang pakai jilbab itu sepertinya harus bener2 sempurna *memang harus sih sbnrnya* .. kayanya kalau melakukan kesalahan sedikit bisa lebih boombastis dibanding dengan yg tidak berjilbab tapi sisi positifnya jadi bikin qta malah lebih memperbaiki hidup dan menjaga diri... padahal jilbaber juga manusia biasa bukan manusia yang tanpa cacat... ^_^

    Skrg gw kalo pergi2 pake gamis dan jilbab lebar .. dan tebak apa reaksi sekitar ??? sstt..sstt..sstt... mamahaura ko jadi gitu yaaa ??? dan omongan lainnya.... ahhh pdhl gak tau aja mereka selain memang berusaha memakai pakaian yg syar'i, gw pake gamis krn dah gak ada celana yang muat krn perut yang makin membesar ^_^

    ReplyDelete
  17. nah kalo bayangin firah pk kemben baru sedikit terbayang ^_^... yuks bagi2 ceritanya.. sapa tau bisa jadi inspirasi ^_^

    ReplyDelete
  18. mmm... lagi males nulis dan panjang banget pasti. Lagian itu kelas 3 sma. Lagi labil2nya.. Males dan malu krn ntr banyak g pentingnya.. hihihi... Cukup bahagia baca tulisan lo aja, intinya g beda jauh. Cm jalan critanya aja. ^_^

    ReplyDelete
  19. Itu dia.. G mudah. Kadang gw pikir jilbab itu jadi isu, dikramatin, ato malah direndahin cm bwt bikin orang takut/malu pakenya. Padahal cm selembar kaen ukuran 1,5mx1,5m. Come on people, gda satupun jilbaber yg pake jilbab karena pgn dicap lebih alim ato suci daripada laennya.. It's simply about relationship between me and Allah. Memperbaiki akhlak dan aqidah itu tetep harus. Jilbab kan bukan magic, bukan lo pake lo jd expert, jd setan-resistant. Kalo gtu mah pasti pada lgsg berjilbab g banyak pertimbangan lg.

    ReplyDelete