Friday, April 3, 2009

Juice 'daun pepaya' untuk ibu menyusui

Description:
Pasti dah pada eneug duluan denger nama minumannya, ya iya lah 'secara' daun pepaya pahit.. ini lagi malah dijuice, mamahaura emang aneh... :)hehe Tapi tunggu sebentar ebo-ebo sekalian ... Ini ada ceritanya..
Pada saat Haura lahir, ASI ku seret banget mpe lecet gara-gara dihisap haura tapi gak ada airnya akhirnya pada hari ke-3 Haura kena 'kuning' dan harus di sinar di RS (T_T) kalau inget sedihnya minta ampun... dan yang paling bikin hati ini miris Haura dipaksa harus minum sufor padahal aku pengen banget ASIX, dalam 1 hari aku hanya diberi kesempatan 2x menyusui, kadang aku juga siapkan ASIP tapi tetap menurut dokternya itu belum cukup jadinya dikasi sufor. Pada saat Haura pulang dari Rumah Sakit DSA nya menyarankan untuk terus memberikan sufor sampai akhirnya aku bertemu dengan Prof. Dr. Suganda Tanuwidjaya SpA (gelarnya apa lagi yaaa .. lupa uy) *maap ya dok* hehe.. Aku curhat ingin sekali memberikan Haura full ASI, dokter ini menyarankan untuk makan daun pepaya krn katanya juga lebih bagus dari daun katuk. Tapi yang bikin gak kuatnya itu pahitnya.. belum lagi kalo menu makanan tiap hari daun pepaya bisa eneug akhirnya dengan inisiatif aku buat juice ini, maksudnya sih biar langsung cepet masuk perut gak usah dikunyah (^_^)hehe Tapi alhamdulillah hasilnya PD langsung penuh, Haura mpe kewalahan mimi ASI nya (^_^)
Selamat mencoba...

Ingredients:
Bahan :
- 2 sendok takaran susu menyusui (bisa merk apa aja, yang disukai aja)
- 10 lembar daun pepaya
- 1/2 ikat daun katuk
- air

Directions:
Daun pepaya+daun katuk direndam air panas sampai layu (jangan terlalu lama) lalu ditiriskan.
Daun pepaya, daun katuk, susu, air diblender sampai halus bisa ditambahkan es kalau ingin dingin...
Siap diminum deh
(biasanya 1 hari 2x, pagi dan malam sebelum tidur)

13 comments:

  1. wah baru tau nih ...thanks ya infonya..boleh dicoba kl ntar anak ke 2 hehehe

    ReplyDelete
  2. halo mom haura ^^ sering mampir ni tapi jarang komen *ato lum pernah yah*
    tapi ini menggelitik, mesti tanya niii..
    itu harus fresh yah? mangsud na, kagak bisa disimpen kan?
    jadi kalo 2x, ya mesti ngejuice 2x?
    pls advice :D
    lam kenaaal..

    ReplyDelete
  3. Boljug ni dicoba...
    Aku biasanya dilalap, ya pait deh... Barangkali ada susu itu yg bisa nutup rasa paitnya...
    Tq ya...

    ReplyDelete
  4. bisa dicoba buat anak selanjutnya nih. thx

    ReplyDelete
  5. lam kenal jg... dktrnya bilang sih lebih bgs yg fresh, tp bisa jg utk daun pepaya+katuk yg dah dseduh air panas pagi2 disimpen di kulkas buat malem... jd tetep ngejuicenya 2x :-) slamat mencoba...

    ReplyDelete
  6. lam kenal jg... dktrnya bilang sih lebih bgs yg fresh, tp bisa jg utk daun pepaya+katuk yg dah dseduh air panas pagi2 disimpen di kulkas buat malem... jd tetep ngejuicenya 2x :-) slamat mencoba...

    ReplyDelete
  7. yup, daun pepaya kalo gak dilalap ditumis. daun katuk di sayur bening... Biar bs lsg masuk n paitnya gak nempel di lidah makanya dijuice&manisnya dr susu :-)

    ReplyDelete
  8. Waaah hebat deh mama... dulu aku juga minum jus katuk ma... tapi jus daun pepaya belum pernah... :-)
    Kalau jus daun katuk dulu daun katuk aku cemplungin ke air panas bentar trus aku blender sama tomat, aku kasih 1sdm gula pasir segeeer bangeeet... :-))

    ReplyDelete
  9. yipiiii...pascal mo punya ade :-)xixi

    ReplyDelete
  10. Hai Mom Haura, salam kenal :-)

    Wah, ada jus daun pepaya? Hmm.. Patut dicoba nih. Kalo aku, biasanya pake jus pare, atas saran dari Klinik Laktasi Carolus. Dicampur melon supaya ada airnya krn pare kan sayuran yg tidak banyak mengandung air. Rasanya lumayan koq. Gak pahit krn ketutup rasa melonnya, tapi agak langu. Jadi, aku minumnya sambil tutup hidung hehehe..

    ReplyDelete
  11. salam kenal mbak, lg nyari2 info buat nambah ASI soalnya asiku kykny dikit :D
    ketemu blognya mbak. makasih yaaa

    btw, itu g diperas yah mb?
    jadi bener2 daunnya setelah dijus kita minum???

    ReplyDelete
  12. salam kenal juga :) engga diperas, pokonya setelah dijus pake blender langsung diminum :) *selamat mencoba ya mom* btw tadi ngirim mesej lewat YM yaa ? maaf aku lagi off :)

    ReplyDelete