Monday, June 29, 2009

Diet sambil menyusui ????

Waktu kemarin di Bandung iseng2 aku bongkar-bongkar lemari dan nyoba beberapa blazer dan baju kerja yanglainnya. Dan ternyata baju-baju itu berjarak 1 jengkal tangan untuk bisa dikancingkan alias sama sekali gak cukup, pas nyoba celananya cuma muat mpe 1/2 paha... oh tidaaagggggg, sebesar itukah dirikyu ini ...  selama ini gak sadar diri bow, bener2 gak merhatiin badan apalagi di rumah lebih sering pakai daster.. Hikshiks...

Saking penasarannya akhirnya nimbang badan dan ternayata jugaaa beratbadanku sama dengan waktu hamil Haura 7 bulan *weks...*. Piye iki ?

Setelah aku observasi lebih lanjut apa penyebab naiknya berat badanku ini yang sangat drastis *lebayyy*

2 bulan ke belakang aku pakai pembantu yang otomatis kerjaannya cuma guling2 dan ngurus haura :)hehe sepertinya itulah yang memperparah penumpukan lemakku dan entah kenapa setiap habis menyusui rasanya lapaaaaaaaaaarr sekali jadilah ngemil. Belum lagi semenjak nikah aku sama sekali gak pernah olah raga...fuiiihh...

Sebenernya sih selain dari estetikanya agak kurang enak aku cuma takut sama penyakit, karena selama ini aku gak kontrol asupan makanan yang masuk semua di hajar bleh dengan alasan 'sedang menyusui' dan ternayata itu salah besar. Waktu konsultasi dengan dr. Grace di klinik estetika , beliau mengatakan bahwa aku sudah mengalami obesitas *seremnya* jika dilihat dari proporsi tinggi dan berat badanku tapi setelah dicek kadar lemak ternayata rendah. Jadi kesimpulannya di tubuhku ini masih banyak terkandung air karena masih menyusui. Beliau menyarankan untuk mulai mengatur pola makan kembali dan berolahraga, semua itu demi kesehatan juga jadi saat hamil anak ke-2 BBku gak terlalu besar dan kondisi kesehatnnya bagus. Bukan berarti kondisi kesehatanku jelek ya krn aku juga belum medical check up cuma yang benar2 terasa badan emang terasa berat.

Ada yang pernah diet sambil menyusui gak? Sharing dong....

19 comments:

  1. menyusui sendiri sebenarnya adalah salah satu bentuk diet sih mba, memang ga semua orang bs berhasil tapi alhamdulillah sih cukup berhasil buat saya meskipun tidak kembali normal seperti sebelum hamil tapi paing ga ya masih belum masuk kategori Obe. mungkin salah satunya menahan keinginan ngemil kali ya dan menjaga porsi makannya agar tidak berlebihan, kasihan juga kalau diet ketat ke produksi asinya... :), kasihan kan kalau berkurang, mungkin banyakin makan sayuran hijau saya, agak kurangi yang berprotein2 tinggi. sayuran membuktikan akan banyak membantu meningkatkan produksi asi. jadi kalau abis nyusuin kelaparan mungkin bisa diganjel pake makan buah2an dan ngemil rebusan sayuran atau soup2 aja, porsi karbohidratnya yg normal2 aja...

    cheers,
    Ida A.
    http://sahabatsenja.com

    ReplyDelete
  2. mau tips dr aku mba ? pake korset perut anytime anywhere..even pas tidur malem. ini resep tradisional dr ibu mertuaku. klo blio dl pake stagen tp karna gak mo repot aku pake korset perut dr wacoal. efeknya mungkin karna bagian perut ditekan jd jarang trasa lapar kalopun makan gak bs banyak ya itu karna bagian perut ditekan. ntar klo dah normal BB nya korset dipake siang aja. ini udh aku buktikan lohh. hamil pertama BB ku back to normal setelah 9 bulan naiknya 20 kg lohh. nah hamil ini dah tinggal 5 kg lg pdhl anakku blm jg sebulan. trus banyak2 keringet dg ngurusin anak2 sendiri. gut lak...heheh

    ReplyDelete
  3. Kayaknya rubah pola makan aja. Bnykin buah, lg nyusuin /after, cukup minum air putih aja atau jus. Slbhnya ya okahraga. Btw korset not recommended, pengaruh ke otot perut

    ReplyDelete
  4. hi say.. aku ada produk green tea + rice powder cereal untuk gantiin makan pagi dan makan malem yah. terbukti banget aman buat busui.. bisa mampir and liat2 dari testinya busui =) terbukti ga ngaruh ke asi atau baby.. soalnya semua terbuat dari bahan alami. thanks =)

    ReplyDelete
  5. Sukses yaaa mama Haura... semangaaat pasti bisa langsing tapi tetep menyusui :D

    ReplyDelete
  6. bb nya berapa sekarang mom??
    sama kayak saya nich..hihihihiiii

    ReplyDelete
  7. thnx banget ya mbak infonya... tapi ya itu dia agak susah juga ngerem makannya .. klo abis menyusui bawaannya laperrrrrrrrrrrr terus...:)hihi

    ReplyDelete
  8. mungkin itu juga kali ya knapa peyutku jadi buncit, abis melahirkan aku cuma pake 'gurita' selama 1 minggu abis gak betahan banget .. perut kaya kepencet gitu.. hmm boleh dicoba juga nih kayanya..

    ReplyDelete
  9. pengaruh ke otot perutnya gmana mbak?

    ReplyDelete
  10. hmm BB yaaa??? duh jadi malu deh buka kartu.. jangan kaget yaaa... BBku 60kg (rekor tertinggi seumur hidup kec hamil yaa) tingginya cuma 155cm :( hikshikshiks

    ReplyDelete
  11. ya ampuuun cuman segitu ah kecil dooonk mom:-)
    saya ajah waktu hamil naik 20 kg an lah..
    trus minum jamu nya ubetsmom jadi dah berkurang nich...

    ReplyDelete
  12. waktu hamil 9 bulan BB 68kg, sama naek 20kg juga dari 48kg... jadi masi sisa 12 kg lageee.. hikshiks Aku lagi nyoba pil dali (langsingitumudah) tapi ya sepertinya nafsu makannya lebih besar dari pada dosis obatnya :)hahahahaha.. dah berkurang brapa kg nih? brapa lama?

    ReplyDelete
  13. turun 5 kg an lah mom..dalam 1 bulan...
    bis tu ketahuan suami,yaahhh jadi stop deh minum jamu nya..
    soal nya saya ga di bolehin diet.katanya bagusan ndut..hihihiihiiii

    ReplyDelete
  14. aku ikutan nyimak aja
    soalnya problemnya sama, hahahaha
    kynya emang perlu nih yg bantu2 dirumah distop trus kerjain semua sendiri yah :(
    beratku pas hamil naik 25 kg, selama 2,5 tahun ini baru turun 10 kg
    masih utang 15kg nih *banyak yah utangnya*
    tolongggggggggg :D

    ReplyDelete
  15. utangnya nyicil berapa tahun mom? :)wkwkwkwk....
    Yang bikin sedih klo beli baju, dgn PDnya beli M *masi berasa kecil aja* pas dicoba kancingnya gak sampe :)hehehehe

    ReplyDelete
  16. blom tau lagi nih mom
    susah bener deh nurunin bb :D
    kmaren sih pas Arsa sakit sempet turun 3 kg
    tp setelahnya malah makin parah nih kayaknya, hahahahaha

    wah kalo yg itu sama tuh ky pengalaman pribadi :D

    ReplyDelete
  17. asal jangan 15 tahun aja nyicilnya *dah kaya KPR Bank aja * :)hehehe
    mareee kita menurunkan berat badan ebo-ebo (^_^) *bagi yang kelebihan* wkwkwkw

    ReplyDelete