Wednesday, December 8, 2010

[Coretan] Susahnya memberikan ASI..........

Tadi malam saya baru menengok istri dari teman kantor hubby yang baru saja melahirkan, Haura pun semangart sekali saat tahu kami akan melihat adik bayi. Sesampainya disana saya mendapati bayinya berada di ruang bayi spontan saya langsung bertanya pada ibu yang baru saja melahirkan tersebut.

J : “Bayinya dimana bu ?”

X : “Di ruang bayi” jawabnya.

J :  “Dari kapan di ruang bayi? Sedah disusui ?”

X : “Dari semenjak saya melahirkan, kata perawatnya belum boleh disusui.”

Ibu tersebut melahirkan pukul 09.30 WITA secara cesar  dan saat saya datang menengok sudah pukul 20.00wita. Saya sangat kaget sudah 10 jam tapi ibu tersebut boro-boro menyusui dipertemukan dengan bayinya saya tidak dan saya tebak pasti bayinya diberi susu formula oleh perawatnya. Ibu tersebut sempat meminta bayinya untuk disusui tapi perawatnya tidak mengijinkan .. ughhhhhh apa pula ini ???

AKhirnya saya datang ke ruang bayi untuk melihat bayinya dan tepat seperti dugaan saya perawat sedang memberikan sufor dengan botol susu.

J : “ Maaf sus ko bayinya dikasi sufor ?”

P : “Memang ibunya sudah bisa miring ?” jawab perawat tersebut dengan nada sewot

J : “Wah gak tau juga ya saya, suster sudah cek belum?” ihh secara dia perawatnya lah ko malah nanya sama saya yang baru datang, eh ditanya balik seperti itu malah diem aja.

J : “Oiya sus, bukannya bayi itu tahan 2x24 jam tanpa minum kalau ASI ibunya belum keluar?”

P : “Ya terus saya tahan denger nangisnya !!!” dengan nada tinggi

Ihhhhhhhhhhhhhhhh jadi kebawa emosi.. sebel banget pengen rasanya ngomong  “ya itu masalah lo derita lo kalao gak tahan suara tangisan bayi, salah sendiri mau jadi perawat” huuuuuuuu kesel banget dengernya….. tapi ya itu hanya bisa marah2 dalam hati……… I

bu bayi pun bercerita kalau ia ingin sekali memberikan ASI tapi selalu dilarang oleh perawatnya “Udah ibu urus aja diri sendiri dulu, baru operasi itu sakit gak usah bikin repot.” Ihhh saya sampai gemes denger ceritanya.

Emak2 MP memang kalau melahirkan dengan operasi cesar prosedur penanganan ibu dan bayinya seperti itu yaaaa ????

Setiap saya menengok teman atau istrinya teman hubby pasti selalu seperti ini. Tidak ada dukungan sama sekali dari paramedis disini untuk mendukung pemeberian ASI, baik dari dokter atau perawatnya sendiri baik proses normal ataupun cesar. Nah kalau saya berusaha memberikan informasi tentang ASI selalu saja mental, kenapa ? karena saya memang bukan siapa-siapa. Saya hanya seorang ibu biasa tanpa background pendidikan kesehatan, ya pastinya para ibu-ibu itu lebih percaya perawat dan dokter.

Saya menarik kesimpulan gerbang utama pemberian ASI itu ya para suster, dokter dan rumah sakit itu sendiri. Terkadang ibu yang sudah tahu tentang ASI pun bisa terbawa arus sehingga harus rela bayi disusui susu formula. Yang lebih menyedihkan lagi perawat memberikannya dengan botol susu karena tidak mau repot dengan menyendoki susu, jadi saat ibu tersebut pulang bisa ditebak bayi akan bingung putting tidak mau menyusu padahal ASI sudah keluar dan karena khawatir  akan lanjut lagi susu formula dengan memakai botol lalu dari hari ke hari ASI semakin surut dan berakhir dengan tidak keluarnya ASI dan bayi  lanjut meminum susu formula selamanya. Arrghhhhhhhhh………………

Itu baru segelintir cerita tentang sulitnya memberi ASI disini istilahnya jika ‘iman’ kita tidak kuat pasti akan terbawa arus yang ada. Sebenarnya sudah lama saya ingin melakukan ‘sesuatu’ disini tapi ya itu siapalah saya ….. Saya baru mulai dari hal-hal kecil saja setiap ada yang melahirkan saya akan datang untuk mensupport untuk memberikan ASI atau memberikan artikel-artikel tentang ASI, mau tidaknya si ibu sudah menjadi keputusan pribadi ibu itu sendiri yang penting saya sudah berusaha memberikan informasi yang saya tahu tentang kebaikan-kebaikan ASI.

28 comments:

  1. wah kasian banget ibunya...
    tapi emang kebanyakan suster2 yg jutek sih.
    untung dulu saya survei RS dulu sebelum melahirkan dan alhamdulillah bisa asix :)

    ReplyDelete
  2. hiiih kalo ketemu tuh susuter pengen kumaki2 deh.. aku dulu juga SC lahiran jam 2 lebih tp jam 10 pagi bayiku dah dikasih ke aku buat disusuin malah susternya bilang ibu harus belajar miring dari sekarang biar nanti ga' sakit dan kaku.. >_

    ReplyDelete
  3. *nyiapin molotov* ihhh pgn gw cabein tuh suster!!

    ReplyDelete
  4. huaaa disini mana bisa survei .. rumah sakit hanya ada 1 .. jadi kebayang kan ada berapa banyak ibu2 yang seperti ini. :(

    ReplyDelete
  5. oh gitu yaaa .. soalnya kmrn si suster itu malah nyuruh ibunya jangan banyak gerak harus diem aja...

    ReplyDelete
  6. ihh semalem itu bener2 emosi jiwa deh ngadepin susternya... tapi ya cuma bisa ngomel2 dalam hati :(

    ReplyDelete
  7. hihihihihi...aku selesai operasi jam 8 malam jam 10 sudah disuruh menyusui sambil nahan sakit
    :D

    ReplyDelete
  8. saya dan suami sebelum operasi caesar sudah bilang ke dokter anak yang akan bantu operasi saya, bahwa saya maunya asi eksklusif. no sufor. jadi dicatat di buku saya di rumah sakit. saya bisa tuntut perawat dan rumah sakit jika mereke memberi sufor tanpa setahu saya. saya operasi jam 11 malam. baru memberi asi jam 11 malam besok hari nya. nyaris 24 jam anak saya gak dikasih apa2. meskipun menangis, saya suruh tahan sampe saya sanggup jalan kaki ke ruangan bayi. kebetulan bayi saya penuh selang karena lahir 33 minggu dengan berat 2 kg. alhamdulillah, kekerasan hati saya dan dukungan peraturan rumah sakit membuat para suster dan perawat tidak berani komplain. mungkin harus di pastikan sebelum operasi bahwa ada hitam diatas putih kesepakatan untuk asi eksklusif dari sebuah rumah sakit. jika ada perawat atau suster yang tidak tahan tangisan bayi, bisa dikomplain ke rumah sakit. bila perlu dituntut untuk diganti susternya. mereka dibayar untuk ngurus bayi dalam keadaan apapun. bukan seenak udel mereka.. *jadi bete banget lho ama komen tuh perawat. ada ya perawat kayak gitu ?

    ReplyDelete
  9. suster yg aneh....sebel kalo kyk gitu, smg besok kalo udha plg dr RS dedek bayinya udah mulai full asi yaa...

    ReplyDelete
  10. jule.....ntar ngelahirin disitu juga :(
    alhmdlh dulu hana ada hitam di atas putih utk ASIX walau sempet kena sufor juga 50ml pas dia disinar 1 malam :(

    ReplyDelete
  11. nah itu dia seinget saya walalupun SC gak ada larangan memberikan ASI pada bayinya..

    ReplyDelete
  12. duh ummi.. disini bener2 gak ada pilihan.. hanya ada 1 rumah sakit.. walaupun ada klinik bersalin ya dokternya itu2 juga dan sama saja. Sampai ada teman saya yang melahirkan normal hanya selang bbrp jam langsung pulang ke rumah krn takut bayinya kecolongan dikasi sufor...

    ReplyDelete
  13. aneh bin ajaib... rasanya pengen nyubit bibirnya pas ngomong kaya gitu :(

    ReplyDelete
  14. sama kaya haura dulu, wakt ubooking tempat formulirnya di cap gede2 sama perawatnya ASI EKSKLUSIF ^_^
    jule pulang ke bandung lagi fir.... banyak hal2 yang dikhawatirkan disini kalau soal pelayanan kesehatan...
    Pernah loh ada bumil yang harus SC saat itu juga tapi diundur karena gak ada oksigen jadi nunggu dikiirim dari Tarakan ... padahal kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan...

    ReplyDelete
  15. stuju ama Dian, sebisa mungkin crita ke dokter bahwa kita mau ASIX dan tertulis di medrec nya, jd suster ga punya hak utk main asal gitu....
    Selain itu, selama kehamilan, coba kuatkan tekad, pelajari sebanyak2nya ilmu perasian, jd kita bs tegas dan percaya diri saat suster bikin statement yg meragukan.
    Standar nya sih SC jg bisa IMD kok, ga ada alasan krn blm bs miring... Lagian kalo ga salah, shabis operasi, sbaiknya ibu bergerak, spy lbh cpt pulih, jgn dimanja dan diam aja..
    Perjuangan msh berat ya say... Jgn bosan memberikan ilmu ke teman2 disana ya

    ReplyDelete
  16. rumah sakit tempat sy melahirkan kedua anak sy juga suster2 nya sama seperti diatas tp sy udah deal sm dsog dr awal untuk IMD dan ASIX, sebelum bayi sy dibawa ke ruangan bayi sy tegaskan lagi sm si suster klo sy mau ASIX...dlm kondisi seperti ini kadang mm kita harus tegas klo gak ya nasipnya kayak temen mba diatas...

    ReplyDelete
  17. insyaAllah saya gak akan bosan...

    Mau perawat atau dokternya sama aja mba... memang harus ibu nya yang bener2 kuat 'iman'nya krn benar2 tidak ada dukungan sama sekali disini ......... wong waktu teman saya melahirkan si dokter malah nyaranin bbrp merk sufor yang 'katanya' bagus... ugh........

    ReplyDelete
  18. ya.. memang harus tegas dan 'ngotot' sepertinya... kalau si ibu gak tau info apa2 ya jadinya pasrah kaya teman saya di atas itu..
    jadi sasaran empuk banget :(

    ReplyDelete
  19. kalo ketemu RS yang kaya gitu pengalamanku kitanya yg kudu sedikit ngotot dan maksa, krn kita ibunya, toh perawat itupun ga akan bisa apa2 karena kita kan pasien dan ibunya si anak tsb....

    ReplyDelete
  20. RS dan suster yang aneh, kalo disini, malah pada mendorong para ibu untuk menyusui, diajari caranya, bagaimana memijit PD biar aliran susu lancar, bahkan saat si kecilku harus ditinggal RSB untuk disinar, dia tetep minum ASI meskipun pake botol. semoga kedepannya dengan makin banyaknya pasien yang cerdas, bisa berubah tuh suster

    ReplyDelete
  21. argh kurangajar tu susternya... cuma ya itu setuju sama ibu2 diatas, harusnya sebelum lahiran survey RS dulu dan diskusikan dg dokter apa kemauan kita setelah melahirkan. Dan posisi menyusui itu kan banyak, nggak melulu harus miring. Bayinya bisa ditelangkupkan ke dada ibunya. Aku dua2nya caesar, anak pertama malah bius total, baru sadar 1 jam kemudian, langsung nyoba kasih ASI. trus karena ada infeksi badanku panas bgt, sama suster nggak boleh lama2 nempel dengan bayi, takut dia ikut nyerep panas badanku. Jadi kolostrum diperah manual ke cawan petri, trus disedot pake suntikan, trus ditetesin ke mulut bayiku. Kalo anak kedua, bius lokal, kurleb 15min setelah melahirkan udah langsung menyusui. Kali ini suster2nya emang nggak begitu perhatian sama si bayi tapi memang disini pro ASI banget dan bayi room-in sama ibunya. Untungnya aku bukan 1st time mum lagi jd udah pengalaman, walopun nggak di-assist sama suster semua bisa sendiri *walo rada mangkel juga* hehehe

    ReplyDelete
  22. ya setuju memang harus ngotot... kalau aku yang ngotot malah tampak lucu... wong ibunya nrimo2 aja :)

    ReplyDelete
  23. amien...amien.. semoga ke depannya suster, dokter, bidan dan rumah sakit disini bisa benar2 mendukung pemberian ASI .

    ReplyDelete
  24. situasi dan kondisi disini agak susah mom, Rumah Sakit hanya ada 1 dengan 2 DSOG... jadi memang tidak ada pilihan.. Pilihan lainnya ya melahirkan di kota besar...

    ReplyDelete
  25. aduuuh... maafkan... dikawasan manakah tinggalnya julia ? kalimantan timur ? mungkin bisa dituliskan ke feature di koran nasional ? tak usah sebutkan rumah sakitnya, tapi disharing.. siapa tau membuka mata pimpinan rumah sakit di jakarta untuk bisa melihat ke daerah2..:(. saya turut prihatin ya mbak Julia..

    ReplyDelete