Friday, February 12, 2010

[Coretan] Bukan Sakit Pinggang Biasa

Moms, kalau sekarang ini kalian mengalami sakit pinggang yang tidak kunjung sembuh lebih baik segera periksakan ke dokter jangan sampai kalian mengalami hal yang aku alami  atau jangan sampai sakitnya bertambah parah.

Awalnya aku pikir sakit di daerah pinggang in hanya sakit pinggang biasa, sekitar 2 tahun yang lalu tiba2 di bagian pinggang bagian belakang dekat p*nt*t tiba2 terasa sakit seperti salah urat. Akhirnya panggil tukang urut lalu terasa enak tapi hanya bertahan bbrp saat saja dan terus berulang sampai aku sadar sakit pinggang ini terjadi setiap saat setiap waktu setiap jam setiap menit dan setiap detik. Kalau sedang 'kambuh' rasa sakitnya sampei menjalar ke kaki tapi hanya sebelah kanan saja. Awalnye terasa pegal lalu semutan dan kadang sampai mati rasa, tak terhitung tukang urut yang sudah aku coba di Berau ini baik itu yang perempuan atau laki2 saking pengennya aku sembuh.

Jika berobat ke dokter aku selalu divonis infeksi saluran kencing, bbrp tukang urut pun mendiagnosa kalau peranakanku turun malah sempat diurut hasilnya sakit pinggang tidak sembuh malah ovariumku yang bengkak karena diurut 

Puncaknya sebelum bulan ramadhan kemarin sakitnya menjalar sampai ke perut padahal biasanya hanya kaki, saat diperiksakan ke dokter aku didiagnosa usus buntu dan harus dioperasi. Rasanya kaget sekali jika ternyat aaku benar usus buntu maka kami merencanakan untuk melakukan operasi di jakarta. Kebetulan sekali bulan depannya hubby cuti ke jakarta jadi aku sekalian untuk berobat. 

Akhirnya aku mencoba berobat di salah satu Rumah Sakit Internasional di Bandung, Dokter di sana mendiagnosa bahwa di ruas tulang belakangku terjadi disc bulging , nama penyakitnya HNP kepanjangannya adalah Hernia Nucleus Pulposusbiasanya masyarakat mengenal dengan istilah Syaraf terjepit. Menurut dokter di setiap ruas itu ada bantalan nah bantalannya itu keluar / menonjol sehingga menekan titik saraf di sekitarnya yang membuat rasa sakit itu timbul. 

Untuk kasusku ini ada 2 ruas yang menonjol/terjepit H4-5 dan H5-1, hasil MRI dan rontgen pun menunjukkan selain terjadi disc bulging ternyata ada kelainan tulang belakang, aku menderita scoliosis dan hyperlordosis walalupun tidak terlalu parah tapi ternyata cukup menambah rasa sakit pada pinggang dan punggungku 

Saat bertanya pada dokter apakah ada obatnya, jawabannya untuk disc bulging ada yaitu operasi. Untuk kelainan tulang belakangnya melalui terapi tapi itupin tidak mengembalikan bentuk tulang ke semula. Duh langsung lemesssssssss dengernya, apalagi denger kata2 operasi belum lagi dokternya berkata hasil operasinya pun 50-50 bisa sembuh atau malah tambah parah/lumpuh.. wekssssssss.. serem banget... Untuk meringankan sakit dari disc bulging ini bisa dilakukan fisioterpi tapi ya itu hanya sesaat.  Untuk scoliosis dan hyperlordosisnya bisa diringankan dengan sering berolahraga renang dan membetulkan posisi tubuh.

Setelah tau bahwa ternyata sakit yang aku derita selama ini Bukan Sakit Pinggang Biasa , akhirnya aku putuskan untuk mencari pengobatan alternatif. Sampai saat ini sudah 2x aku mendatangi tempat pengobatan alternatif sampai ada yang metodenya digantung kakinya *kalo inget jadi pengen ketawa* tapi tetap belum ada perbaikan sama sekali :( 

Tapi aku belum menyerah, aku yakin pasti ada obatnya..

Setelah menemukan MPnya Mas Erikar dan mebaca artikel yoga tentang scoliosis dan saraf terjepit, aku mulai mempraktekannya tapi karena ksibukan yang padat *jiahh* baru aku praktekan saat 'kambuh' padahal jika rajin katanya ada yang sembuh total  

Mulai besok tiap pagi setelah joging aku akan latihan lagi ahhhh pokonya harus rutin... semangat !!!!! ^_^ 

20 comments:

  1. bun ada sodara gini juga kasusnya tapi kayanya parah dia ya sampe ngak bisa jalan di oprasi di singapore tapi tetep ngak bisa seperti semula.....biayanya jangan ditanya diatas 200 juta,sedihnya sekarang jalan sulit padahal masih muda masih 39 thn....semangat bun...ku doain moga bisa cepet sehat amin......

    ReplyDelete
  2. sptnya operasi mmg bukan recomendasi kec m=tingkat keparahannya sudah tinggi (kalo ga salah HNP grade 5 ya, lupa), tp benar tingkat keberhasilan 50:50.
    Olahraga kayaknya jg jalan yg terbaik, yoga dan renang, di paksain mba, kasian badannya ... walau tidak menyembuhkan samsek, tp lebih menyamankan.
    Oh ya kalo mamah ditambah pake korset juga , tp beliau ga betah ...

    ReplyDelete
  3. insyaalloh ada jalan keluarnya ya bu..,seperti janji yg Kuasa bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya hanya saja kita yg wajib berusaha dan berdoa,selanjutnya cuma yg kuasa menentukan...
    tfs..,aku jg ada problem scoliosis,kuketahui thn 2004 saat tes medical di marseille,dokter sana jg bilang persis kaya doktermu dibandung,plus dia nambahin,menginjak lansia,akan sangat terasa dan mengganggu kesehatan,trus pas hamil 2thn lalu,menginjak usia 6blnkehamilan sampai menjelang malahirkan, aku sering ngalami sciatic juga, tp alhamdulilah setelah anakku lahir sampai sekarang sudah ga lagi...,mungkin krn efek dari problem scoliosisku itu,entahlah aku ga pernah serius mempertanyakannya.
    yang sabar ya bu..,jangan mennyerah dan terus berusaha.. semangaattttttttt!!!

    ReplyDelete
  4. juleeeeee.. tetep semangat yaah.. btw rsi di bandung itu sentosa? hihihi :D

    ReplyDelete
  5. mudah2an usahanya membawa hasil dan g sakit2 lg..

    ReplyDelete
  6. iya itu dia, kadang bbrp orang termsuk aku menyepelekan penyakit ini. Memang tidak bisa sembuh tapi minimal kit abisa melakukan hal-hal yang tidak memperparah sakit. Aku ingin sampai haura besar dan punya anak nanti tetap berdiri tegak ^_^

    ReplyDelete
  7. yup, memang mesti dipaksain nih.... oya beli korsetnya dimana ya ? katanya korset khusu gitu , pakai besi ?

    ReplyDelete
  8. iya.. aku yakin PASTI ADA OBATNYA !!! hmmm jadi ilang ya sciatic nya ??? wah haura harus cepet punya adik nih ^_^

    ReplyDelete
  9. ho-oh sentosa... sekali-kalinya kmrn kesana .. mahal juga ya :)

    ReplyDelete
  10. mamahaura nu geulis sabar yaaa....
    jgn patah semangat berobat... ^^

    ReplyDelete
  11. iki yg nulis aya to hahhaahha
    mau nulis apaan neng ? tu tante julie bingung bacanya

    ReplyDelete
  12. dgn yoga ada effeknya ya Jul..
    suami temenku ada sakit seperti ini. thanks sharingnya ya..
    tetep semangat ya Jul..

    ReplyDelete
  13. nuhuuunnnnnn.... semua penyakit pasti ada obatnya kan ya ^_^ *PD*

    ReplyDelete
  14. ayaaa, mo ngomong apa cihhh ???? haura gak ngerti nih...

    ReplyDelete
  15. iya ada... tapi pas hamil ini langsung berhenti soalnya gak berani gak ada instruktur yang 'benerab' disini :)

    ReplyDelete
  16. maknya udh deg2an aja takut tante jule marah.. hihihi..
    koneksi lagi padat merayap euy.. julee ta tunggu dirimu di kopo yaaaa....

    ReplyDelete
  17. hahahhaha...
    maknya aja ga tau dia nulis apa :D

    ReplyDelete
  18. ayaaa, mamahaura marah nih.... minta dilempar EBM ^_^ *loh ???*

    ReplyDelete